Pages

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Kamis, 27 November 2014

Tempat untuk Menyaksikan Sunset Terakhir dan Sunrise Pertama

Perayaan tahun baru pada umumnya di meriahkan dengan pesta kembang hari sepanjang malam,
kali ini ada tips unik menikmati pergantian tahun baru, yaitu dengan menyaksikan SUNSET dan SUNRISE.
 
  Beberapa tempat yang dapat dijadikan refrensi asyik menikmati SUNSET dan SUNRISE:
 

Sunset Istana Ratu Boko
Jln Prambanan - Piyungan Km 3, Sleman; +62 274 496510
Terletak di bukit yang tinggi, kompleks reruntuhan istana megah yang dibangun pada abad ke-8 ini merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan lanskap senja. Sesuai dengan nama awalnya, Abhayagiri Vihara (biara di bukit yang penuh kedamaian), Kompleks Istana Istana Ratu Boko menyajikan kedamaian yang berpadu dengan keindahan. Di tempat ini Anda akan menyaksikan sunset yang mempesona berlatarkan Gunung Merapi serta Candi Prambanan di kejauhan. Jika senja berlalu dan malam mulai datang, Anda bisa bersantai di cafe dengan sajian pemandangan kerlip lampu di desa-desa lereng Merapi.
 
Sunset Pantai Parangtritis
Parangtritis, Kretek, Bantul
Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai di Pesisir Selatan Jawa dan menjadi pantai paling populer di Yogyakarta. Sebagai salah satu ikon wisata DIY, Parangtritis memiliki pesona senja yang indah. Senja di tempat ini berubah-ubah, terkadang golden sunset yang membara atau senja yang romantis dengan warna lembayung yang mendominasi langit. Pada malam menjelang pergantian tahun, pantai ini biasanya dipadati ribuan pengunjung. Setelah menyaksikan pesta kembang api, pengunjung juga bisa menginap di puluhan losmen murah di dekat Pantai Parangtritis.




Sunset Pantai Indrayanti
Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul; 087839625215, 0817279545
Pantai Pantai Indrayanti merupakan satu-satunya pantai di pesisir Gunungkidul yang dilengkapi dengan penginapan dan resto cafe di bibir pantainya. Sembari duduk di hamparan pasir putih, Anda bisa menyaksikan lanskap senja yang indah. Anda juga bisa naik ke bukit karang yang membentengi Pantai Indrayanti. Jika ingin suasana yang lebih romantis, Anda bisa menyaksikan senja sambil duduk bersama orang terkasih di salah satu gazebo yang ada di bibir pantai. Usai senja berlalu, momen kebersamaan ini dapat dilanjutkan dengan dinner romantis berteman taburan bintang dan debur ombak.



Sunset Gunung Nglanggeran (Puncak Barat)
Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul; 081802606050
Mendengar kata gunung pasti pikiran kita akan tertuju pada proses pendakian yang melelahkan dan memakan waktu lama, serta cuaca yang tak menentu. Percayalah, Gunung Nglanggeran tidak semenakutkan itu. Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang berupa bongkahan batu raksasa. Cukup tracking 1 jam Anda akan sampai puncak dan menikmati keindahan semesta dari ketinggian. Sepanjang jalur pendakian gunung ini terdapat beberapa gazebo dan tempat pemberhentian, sehingga jika Anda tidak kuat bisa berhenti di salah satu tempat tersebut. Senja di Puncak Nglanggeran terbilang indah. Anda dapat menyaksikan perubahan warna langit yang menawan serta mentari yang tenggelam di balik awan-awan atau di batas cakrawala.


 
Sunset Bukit Bintang
Jl Jogja - Wonosari Km 15, Bukit Patuk, Gunungkidul
Bukit Bintang merupakan salah satu tempat favorit kawula muda Jogja untuk menikmati senja dan menghabiskan malam. Terletak di tepi Jalan Jogja - Wonosari, Bukit Bintang menjanjikan pemandangan senja yang menawan. Anda bisa duduk di kursi beton di atas tebing yang menghadap langsung ke Kota Jogja, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu, atau nongkrong di warung-warung yang menyediakan kopi dan jagung bakar. Dari Bukit Bintang, mentari yang tenggelam dapat terlihat dengan jelas karena tidak ada pepohonan yang menjadi penghalang. Menjelang gelap lampu kota mulai menyala satu persatu seperti bintang yang juga mulai terlihat satu persatu. Taburan bintang di langit yang luas, serta lautan kerlip lampu menjadikan malam di Bukit Bintang semakin romantis.


Sunrise Bukit Punthuk Setumbu
Desa karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Bagi para pecinta fotografi, @Bukit-Punthuk-Setumbu merupakan salah satu spot favorit untuk mengabadikan Candi Borobudur di kala fajar. Sebelum mentari menampakkan diri, yang terlihat hanyalah lautan kabut dan kerlip lampu rumah di kejauhan. Candi Borobudur nampak mistis dengan kabut yang menyelimutinya. Merapi Merbabu menjadi latar yang gagah dan rupawan. Saat semburat jingga mulai muncul, segera siapkan kamera karena sunrise di Punthuk Setumbu terbilang sangat cepat. Terkadang Merapi muncul di sebelah timur Gunung Merapi, terkadang tepat di antara Merapi Merbabu. Andaikata matahari tidak terlihat pun Anda sudah bisa mendapatkan pemandangan Borobudur di kala fajar nan mempesona dan penuh magi.
 

Sunrise Gunung Api Purba Nglanggeran (Puncak Timur)
Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul; 081802606050
Selain bagus untuk melihat sunset, Gunung Nglanggeran juga memiliki pemandangan sunrise yang mempesona, khususnya Puncak Timur. Untuk mencapai lokasi ini Anda harus berjalan kaki dari Puncak Barat sekitar 2 jam dengan medan yang menantang atau naik motor melewati jalan yang berliku kemudian dilanjutkan tracking 10 menit. Jika cuaca sedang cerah, dari Puncak Timur Gunung Nglanggeran Anda bisa menyaksikan Gunung Lawu, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Usai menyaksikan sunrise, Anda bisa mengunjungi rumah 7 keluarga yang hidup di Puncak Timur Gunung Nglanggeran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About