Pages

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Kamis, 27 November 2014

Tradisi Bercampur Kepercayaan Cap Gomeh di Singkawang



id.wikipedia.org/wiki/Kota_Singkawang

Siapa yang tidak mengenal perayaan Cap Gomeh?
Perayaan bagi etnis Tionghoa di seluruh penjuru dunia menjadi salah satu moment sakral. Perayaan ini diselenggarakan pada hari ke -15 bulan pertama penanggalan Imlek. Salah satu perayaan terbesar Cap Gomeh terletak di Singkawang, Kalimantan Barat.
Artikel ini akan membahas Cap Gomeh dimana menjadi momentum bercampurnya etnis Tionghoa dengan tradisi sekitar yaitu budaya Dayak. Moment dimana berkumpulnya para penduduk maupun pengunjung dari seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Mereka berbondong-bondong datang untuk menyaksikan perayaan tersebut.
Kita dapat menemukan beberapa atraksi serta kemeriahan ala Cap Gomeh bercampur tradisi penduduk sekitar. Keindahan dari harmonisasi yang kadang masih sulit ditemukan di negeri ini.
Setelah semua persiapan dimulai para Tatung (Medium Spriritual) akan memulai ritual kecil untuk meminta perlindungan dari segala mara bahaya. Saat seorang Tatung sudah “terhubung” dengan dunia para roh, mereka akan memulai baratraksi didepan para penonton selama perarakan dilakukan.
Atraksi Menusukkan Wajah
Busana Perpaduan TiongHoa-Dayak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About